Perkembangan Usaha Jasa Sewa Bus Bandung

Usaha jasa sewa bus Bandung telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan ini berkaitan erat dengan program pengelolaan obyek-obyek wisata di kota ini yang beberapa tahun lalu makin digiatkan oleh pemerintah. Apalagi Bandung merupakan sebuah kota yang sejak dulu sudah terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia.
Selain itu, ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi. Misalnya posisi geografis kota Bandung yang sangat strategis, sehingga mudah diakses dari kota lain. Lebih dari itu, apabila ingin melanjutkan perjalanan wisata ke kota atau obyek wisata lain jaraknya juga tidak terlalu jauh dan kondisi jalannya sudah bagus dan mulus. 
Bus Dago Holiday
Harga Sewa Bus silahkan di Baca : Harga sewa bus Bandung

 

Sekilas Sejarah Bus di Indonesia

Masyarakat Indonesia mulai mengenal armada bus sebagai alat transportasi sekitar abad XIX. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda tersebut bus dianggap sebagai fasilitas transportasi yang sangat efisien dan fleksibel karena mampu mengangkut beberapa puluh orang sekaligus. Semua armada bus ini didatangkan langsung dari Eropa.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, setelah berhasil jadi negara merdeka Indonesia juga dapat memproduksi bus sendiri meski hanya berupa bodinya saja. Di masa sekarang, bus yang ada di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis menurut ukurannya. Ada bus besar, kecil dan sedang. Selain itu ada armada bus khusus untuk perjalanan dalam kota, antar kota hingga antar provinsi.
Sedangkan kelasnya terdiri dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan super eksekutif. Khusus untuk kelas ekonomi, dulu armada ini tidak dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruang atau AC. Tetapi untuk saat ini sudah banyak sekali bus kelas ekonomi yang dilengkapi AC apalagi jika armada darat tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Penyedia Jasa Sewa Bus di Bandung

Warga Bandung dan sekitarnya pasti sudah sangat akrab dengan nama-nama perusahaan jasa sewa bus Bandung  yang beroperasi di kota ini. Jumlahnya cukup banyak mencapai puluhan perusahaan. Armada-armada inilah yang membuat usaha jasa penyewaan bus kota kembang makin menggeliat dan menunjukan perkembangan yang semakin pesat.
Beberapa tahun yang lalu memang sempat terjadi penurunan minat dari masyarakat terhadap penggunaan bus sebagai alat transportasi terutama dalam urusan kegiatan wisata. Salah satu penyebabnya adalah harga sewanya dianggap terlalu mahal karena armada tersebut berukuran besar.
Dalam perkembangan berikutnya ternyata penurunan minat ini hanya berlangsung sesaat saja. Terlebih lagi ketika banyak penyedia jasa sewa bus di Bandung yang mulai berani melakukan inovasi.
Mereka tidak hanya menyediakan bus berukuran besar saja, namun juga bus ukuran kecil dan dapat digunakan oleh rombongan wisatawan yang jumlahnya hanya beberapa orang saja. Jadi ongkos sewanya jadi lebih murah dan terjangkau.
Faktor ini masih ditambah lagi dengan tindakan para pelaku bisnis yang menyediakan sistem layanan online. Mereka menggunakan website untuk memasarkan produk jasa sewa bus bagi konsumen yang berasal dari luar daerah atau luar kota.
Perkembangan ini merupakan bukti bahwa bisnis sewa bus khususnya di kota Bandung tidak pernah mengalami kesurutan sama sekali. Bahkan semakin menunjukan perkembangan serta kemajuan yang sangat bagus.
Apalagi setelah muncul armada bus pariwisata terbaru yang fasilitasnya semakin lengkap. Tidak hanya AC saja yang bisa dinikmati. Para penumpang juga dapat bergembira sambil mendengarkan lagu atau menyanyi sendiri dengan iringan musik karaoke. Bahkan bisa pula menikmati sajian film saat melakukan perjalanan wisata.
Penyediaan fasilitas hiburan seperti inilah yang membuat masyarakat makin tertarik memilih armada bus sebagai sarana transportasi utama untuk bepergian. Dampaknya adalah usaha jasa sewa bus Bandung selalu berkembang bahkan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan.

0 Response to " Perkembangan Usaha Jasa Sewa Bus Bandung "

Post a Comment